Alih guna lahan hutan menjadi ladang berpindah sudah dilakukan oleh masyatakat Indonesia sejak dulu. Adanya peladangan berpindah dan ekploitasi penebangan hutan merupakan salah satu penyebab terjadinya erosi, longsor dan penurunan kesuburan tanah.


Agroforestri dapat terjadi pada berbagai skala spasial dalam ekosistem dan budidaya yang berbeda. Agroforestri jika diterapkan dg benar, dapat meningkatkan pendapatan, peningkatan pertumbuhan ekonomi, dan penguatan pertahanan lingkungan dan kelestarian ekosistem yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan sosial ekonomi masyarakat sekitar.


Agroforestri menjadi salah satu mata kuliah wajib program studi agroteknologi dengan tujuan mahasiswa mampu utk menganalisa dan merekayasa sistema groforestri. Penerapan agroforestri digunakan untuk mencari interaksi positif antar komponen-komponennya yang bertujuan untuk mencari hasil yang beragam secara ekologis. Ada bebera sistem agroforestri yg dapat dikenalkan dan dipelajari oleh mahasiswa diantaranya silvokultur, silvofishery dan agroforestri sederhana.